Jump to content

Kemajuan Pembayaran Di Indonesia


coeghacked

Featured Comment

17 hours ago, davinmark said:

Nah smakin banyak platform pembayaran di Indonesia, akankah Crypto bsa masuk jga sebagai pesaing ovo , dana, dll?

Kita liat aja nanti kedepannya, saya harap ada kemajuan besar dari crypto di indonesia

sepertinya crypto juga mampu bermain dengan pembayaran seperti ovo dll,kita tunggu saja koin apa yang mampu membuat pemerintah kita dapat menyetujuinya

Link to comment
Share on other sites

Wah mantap sekali pembahasan nya... 

Kalau saya sendiri sudah mencoba menggunakan  Gopay . Jadi sudah familiar sekali mungkin sudah ada 1 Tahun pengguna setia Gopay. 

Gopay sendiri terintegrasi dengan Perusahaan Gojek.

Kalau OVO kayaknya baru sih belum mencoba juga , Ovo terintegrasi dengan perusahaan Grab .

Kalau Dana sih pernah ikutan daftar dan dapat bonus 15K sudah saya WD berupa pulsa...

Mungkin kedepannya semua platform pembayaran di indonesia akan menggunakan platform yang berakar dari teknologi Blockhain dan Etherium. 

Link to comment
Share on other sites

  • 3 months later...
On 1/27/2019 at 7:53 PM, jkd123 said:

Banyak banget gan platform penyedia jasa pembayaran. Tapi hal tersebut jangan membuat kita menjadi ketergantungan dengan platform-platform tersebut. Karena system yang mudah efek jangka panjangnya juga gak bagus, karena mendorong kita ke hal-hal yang bersifat konsumtif. Misalnya, mau beli pakaian online, beli makanan jg online, beli kebutuhan sehari-hari online jg. Yang ada warung tetangga gak ada yang beli, ekonomi bisa gak karuan. Oke-oke aja kita menggunakannya dengan bijak, ketika kita ingin membayar listrik , bpjs dan pembayaran sejenisnya, mungkin mempermudah. 

Tetapi untuk sekarang gan ukm sudah di rangkul oleh para pihak tersebut, contoh jajan online pun kita bisa dengan mudah hanya scan qr saha, cuman sisi negatif nya mereka meluncurkan paylater, kadang orang melihat dari segi nya enak bisa bayar esok hari tapi kalo untuk orang yang berfikir "gimana nanti" bukan "nanti gimana" itu bahaya karna keuangan mereka tidak akan terkontrol.

Link to comment
Share on other sites

On 3/21/2019 at 6:56 PM, PISTOL said:

Sudah banyak menjamur pembayaran dengan metode ini.hanya seleksi masyarakat yang akan menentukan siapa yang bisa bertahan.karna persaingan sangat ketat.

betul gan karena saya kira di indonesia dah banyak system pembayaran seprti itu dan lagian kalau di indonesia biasanya kalau suatu program apapun sedang hit atau marak maka akan banyak program seperti itu yang akan muncul, jdi mungkin yang kuat dalam manajemen persaingan itu yang bakal terus berlanjut

Link to comment
Share on other sites

On 7/13/2019 at 11:44 PM, laron said:

betul gan karena saya kira di indonesia dah banyak system pembayaran seprti itu dan lagian kalau di indonesia biasanya kalau suatu program apapun sedang hit atau marak maka akan banyak program seperti itu yang akan muncul, jdi mungkin yang kuat dalam manajemen persaingan itu yang bakal terus berlanjut

jangankan tentang system pembayaran, apapun yang lagi hit di indonesia, maka pasti ada yang lainnya, booming batu akik aja, orang indo berbondong-bondoong dagang batu akik. begitu juga system pembayaran, ada system pembayaran yang hit maka akan ada system pembayaran yang lain, tergantung kitanya bagaimana memilih pembayaran yang cocok buat kita

Link to comment
Share on other sites

On 7/13/2019 at 9:13 PM, kicoy said:

Tetapi untuk sekarang gan ukm sudah di rangkul oleh para pihak tersebut, contoh jajan online pun kita bisa dengan mudah hanya scan qr saha, cuman sisi negatif nya mereka meluncurkan paylater, kadang orang melihat dari segi nya enak bisa bayar esok hari tapi kalo untuk orang yang berfikir "gimana nanti" bukan "nanti gimana" itu bahaya karna keuangan mereka tidak akan terkontrol.

nah salah satu pemikiran kebanyakan orang dengan adanya transaksi instan tersebut malah bisa menjadi boomerang bagi pengelolaan keuangan karena secara tidak sengaja bisa saja tagihan mereka melonjak drastis. dan mungkin kejadian terparah bakalan kolaps jika terus terusan berfikiran "bagaimana nanti " 🤔

Link to comment
Share on other sites

On 1/27/2019 at 5:15 AM, davinmark said:

Betul, salah satu pembayaran yg sudah maju adalah OVO dan selain itu ada GoPay.

Menurut saya akan ada kemungkinan untuk tiba saatnya pembayaran di Indonesia menggunakan Crypto. saya yakin itu akan ada suatu saat nanti. walaupun harus menunggu waktu yg agak lama

kalau selama ini saya sih memakai jasa ovo sebagai ganti pembayaran,

sangat terbantu sih dengan adanya system pembayaran semacam ini dan semoga kedepan bisa bertambah lagi untuk pembayaran melalui crypto

Link to comment
Share on other sites

40 minutes ago, btcheck said:

kalau selama ini saya sih memakai jasa ovo sebagai ganti pembayaran,

sangat terbantu sih dengan adanya system pembayaran semacam ini dan semoga kedepan bisa bertambah lagi untuk pembayaran melalui crypto

Saya sih awalnya juga memakai jasa OVO cuman kepincut sama DANA yang sering ngasih vocher diskon xD pembayaran di indonesia sudah lumayan canggih gan,mungkin kedepannya bisa melakukan pembayaran berbasis crypto juga

Link to comment
Share on other sites

On 7/24/2019 at 8:48 PM, jannine said:

Saya sih awalnya juga memakai jasa OVO cuman kepincut sama DANA yang sering ngasih vocher diskon xD pembayaran di indonesia sudah lumayan canggih gan,mungkin kedepannya bisa melakukan pembayaran berbasis crypto juga

Kalau saya sendiri sih cuma Gopay saja yang sering saya gunakan, kalau istri menggunakan OVO karena sering menggunakan Grab. Kalau DANA sih baru sebatas mendaftar saja belum menggunakannya sejauh ini.

Pastinya kedepannya akan ada alat pembayaran yang terintegrasi dengan crypto. Meskipun di Gopay bisa membeli crypto BTC di Luno.tapi belum ada perkembangan yang signifikan sejauh ini.

Link to comment
Share on other sites

30 minutes ago, wong77 said:

Kalau saya sendiri sih cuma Gopay saja yang sering saya gunakan, kalau istri menggunakan OVO karena sering menggunakan Grab. Kalau DANA sih baru sebatas mendaftar saja belum menggunakannya sejauh ini.

Pastinya kedepannya akan ada alat pembayaran yang terintegrasi dengan crypto. Meskipun di Gopay bisa membeli crypto BTC di Luno.tapi belum ada perkembangan yang signifikan sejauh ini.

OVO jg bisa buat beli crypto di indodax gan. Tapi untuk wd tetep harusnke rekening bank pribadi, mingkin untuk mencevah money loundry.

Link to comment
Share on other sites

7 hours ago, jkd123 said:

OVO jg bisa buat beli crypto di indodax gan. Tapi untuk wd tetep harusnke rekening bank pribadi, mingkin untuk mencevah money loundry.

Baru tau saya , tapi kalau mau jual beli menggunakan voucher indodax bisa juga ke OVO teman FB saya juga terima. 

Mungkin kedepannya bisa di permudah juga, biar banyak pilihan.

Link to comment
Share on other sites

2 hours ago, wong77 said:

Baru tau saya , tapi kalau mau jual beli menggunakan voucher indodax bisa juga ke OVO teman FB saya juga terima. 

Mungkin kedepannya bisa di permudah juga, biar banyak pilihan.

untuk pilihan pembelian crypto sekarang makin mudah gan, baik itu mau pake ovo dan aplikasi sejenisnya. tapi memang untuk urusan penarikan dana harus ke rekening bank yang terdaftar sesuai aplikasi untuk menghindari adanya tindakan yang melanggar aturan misalnya pencucian uang dan lain sebagainya 

Link to comment
Share on other sites

6 hours ago, coeghacked said:

untuk pilihan pembelian crypto sekarang makin mudah gan, baik itu mau pake ovo dan aplikasi sejenisnya. tapi memang untuk urusan penarikan dana harus ke rekening bank yang terdaftar sesuai aplikasi untuk menghindari adanya tindakan yang melanggar aturan misalnya pencucian uang dan lain sebagainya 

memang harus begitu penarikan dana ke rekening sesuai KYC di aplikasi tersebut , dan tidak bisa ke rekening orang lain.kalau kita bukan pejabat atau PNS tidak menjadi masalah.

Link to comment
Share on other sites

On 7/27/2019 at 5:56 AM, wong77 said:

memang harus begitu penarikan dana ke rekening sesuai KYC di aplikasi tersebut , dan tidak bisa ke rekening orang lain.kalau kita bukan pejabat atau PNS tidak menjadi masalah.

kalaupun ada pejabat atau PNS pasti mereka ada saja cara untuk melakukan penarikan entah itu dengan cara memakai nama orang lain atau apapun itu 😆

 

Link to comment
Share on other sites

On 7/28/2019 at 7:55 AM, coeghacked said:

kalaupun ada pejabat atau PNS pasti mereka ada saja cara untuk melakukan penarikan entah itu dengan cara memakai nama orang lain atau apapun itu 😆

 

Memang benar malahan kadang menggunakan nama sopir atau orang yang kerja sama pejabat tersebut.

Setidaknya dengan KYC sudah membantu untuk mengawasi pembayaran dan penarikan dari alat pembayaran di indonesia.

Link to comment
Share on other sites

On 7/26/2019 at 8:49 PM, wong77 said:

Baru tau saya , tapi kalau mau jual beli menggunakan voucher indodax bisa juga ke OVO teman FB saya juga terima. 

Mungkin kedepannya bisa di permudah juga, biar banyak pilihan.

Kalau membeli crypto sih sangat mudah karena banyak caranya dan sekarang sih saya masih belum menemukan aplikasi seperti Gopay yang bisa langsung membeli crypto di aplikasi tersebut tidak harus tf ke orang

Link to comment
Share on other sites

On 7/27/2019 at 9:23 PM, pras111 said:

saya saat ini sedang menunggu diindonesia ada transaksi crypto jadi akan lebih mudah bukan .

kalau saya si kalau mau buat transaksi yang terpenting tiap orang punya wallet sudah pasti akan bisa melakukan transaksi . seprti ovo namun crypto seperti coinomi dan setiap orang menggunakannya untuk melakukan transaksi . namun jika seluruh indonesia pada kenal meskipun dilarang akan tetap bisa berjalan 

tidak diijikan sama BI gan klo buat bayar-bayar atau buat beli langsung pake crypto, stidaknya harus dijadikan idr dulu. meskipun bisa berjalan saya rasa tidak baik untuk kelangsungan kenegaraan apalgi jika bersifat larangan, akan mempersulit kita sendiri sebagai pemain crypto.

Link to comment
Share on other sites

On 7/17/2019 at 9:11 AM, sheenazbay said:

jangankan tentang system pembayaran, apapun yang lagi hit di indonesia, maka pasti ada yang lainnya, booming batu akik aja, orang indo berbondong-bondoong dagang batu akik. begitu juga system pembayaran, ada system pembayaran yang hit maka akan ada system pembayaran yang lain, tergantung kitanya bagaimana memilih pembayaran yang cocok buat kita

benar gan entah knp di negara kita ini kalau ada yang booming pasti semua oran gpada tertarik dan anehnya kalau bitcoin ini malah jarang pdhal dulu sempat booming tpi tidak seramai dengan yang tidak menghasilkan apa2 kek batu akik malah dulu bunga autorium aneh aja sih

Link to comment
Share on other sites

3 hours ago, wong77 said:

Memang benar malahan kadang menggunakan nama sopir atau orang yang kerja sama pejabat tersebut.

Setidaknya dengan KYC sudah membantu untuk mengawasi pembayaran dan penarikan dari alat pembayaran di indonesia.

memang kalau masalah ini semua kembali ke pada pribadi masing-masing, kalau pendapat saya pribadi kemajuan pembayaran dinegar kita sedah semakin berkembang apalagi dengan adanya dukungan pemerintah untuk mengembangkan teknologi digital seperti yang sudah berjalan saat ini dengan adanya wallet gopay dan ovo yang sudah tenar duluan

Link to comment
Share on other sites

Sekarang OVO menjadi platform yang mendukung dari 500.000 ribu outlet di seluruh indonesia ..

Ovo mejadi alat pembayaran electronik selain kartu kredit/debit yang memudahkan pelanggannya untuk membayar dan cara top upnya pun gampang bisa top up via :

● Alfamart

● Transfer Bank

● Personal transfer

itu sangat membantu sekali dab OVO sudah bekerja sam dengan applikasi online seperti gojek , grab , tokopedia ,shopee dan lainnya..

Keunggulan OVO sekarang banyak casback atau diskon untuk pembelian berbagai pembelian barang di online store , online food dan ojek online saya rasa itu sangat membuat pelanggannya gampang untuk menjadi kab OVO sebagai alat pembayarannya..

Link to comment
Share on other sites

On 7/30/2019 at 10:14 PM, laron said:

benar gan entah knp di negara kita ini kalau ada yang booming pasti semua oran gpada tertarik dan anehnya kalau bitcoin ini malah jarang pdhal dulu sempat booming tpi tidak seramai dengan yang tidak menghasilkan apa2 kek batu akik malah dulu bunga autorium aneh aja sih

karena melihat harganya saja sudah minder mungkin ya gan. Selain itu btc blom bisa untuk bayar-bayar transaksi seperti dompet digital yang sudah ada, penggunaanya masih terbatas, biasanya hanya untuk transfer personal saja.

Link to comment
Share on other sites

7 hours ago, chankhoreID said:

Sekarang OVO menjadi platform yang mendukung dari 500.000 ribu outlet di seluruh indonesia ..

Ovo mejadi alat pembayaran electronik selain kartu kredit/debit yang memudahkan pelanggannya untuk membayar dan cara top upnya pun gampang bisa top up via :

● Alfamart

● Transfer Bank

● Personal transfer

itu sangat membantu sekali dab OVO sudah bekerja sam dengan applikasi online seperti gojek , grab , tokopedia ,shopee dan lainnya..

Keunggulan OVO sekarang banyak casback atau diskon untuk pembelian berbagai pembelian barang di online store , online food dan ojek online saya rasa itu sangat membuat pelanggannya gampang untuk menjadi kab OVO sebagai alat pembayarannya..

benar gan untuk saat ini memang ovo sedang menjadi primadona dalam bentuk pembayaran elektronik. salah satu keunggulannya bukan dari sisi adanya diskon ataupun promo saja saya rasa karena cara untuk topup nya memang tergolong lebih simple. bisa dikatakan masyarakat kita pastinya tidak mau yang ribet2 jika memang ada yang musah pasti akan segera booming dah tuh 😆

Link to comment
Share on other sites

7 hours ago, jkd123 said:

karena melihat harganya saja sudah minder mungkin ya gan. Selain itu btc blom bisa untuk bayar-bayar transaksi seperti dompet digital yang sudah ada, penggunaanya masih terbatas, biasanya hanya untuk transfer personal saja.

mungkin juga emang karena harga dan blum mengetahui bahwa bisa di beli dengan nominal tertentu, mungkin kalau sudah menjadi bayar transaksi mungkin kebanyakan orang yang mengerti tentang crypto tetapi sangat sulit bisa terwujud sih karena emang harga dari crypto sangat kumulatif sekali

Link to comment
Share on other sites

Kalau platform pembayaran secara non tunai memang sangat digencarkan oleh pemerintah kita saat ini karena akan lebih memudahkan penelurusannya oleh pihak pihak yang berwenang makanya belakangan ini banyak bermunculan platform platfom dompet online yang berkembang di negara kita tapi itukan cuma medianya saja tapi alat pembayarannya tetap satu yaitu idr 

Kalau kita berharap kemajuan dompet digital bakalan bisa menjadi pemicu kemungkinan crypto bisa menjadi alat pembayaran sangatlah susah kecuali ada perubahan regulasi di world bank associaton mungkin akan di ikuti juga oleh BI dan pemerintah,jadi kita cukup puas saja Indonesia melegalkan crypto sebagai digital asset dan komoditas trading 

Link to comment
Share on other sites

Create an account or sign in to comment

You need to be a member in order to leave a comment

Create an account

Sign up for a new account in our community. It's easy!

Register a new account

Sign in

Already have an account? Sign in here.

Sign In Now
×
×
  • Create New...